Selasa, 12 Agustus 2008

Welcome to my planet. Everyone is invited!
Print E-mail
Written by Irfan Arief
Monday, 11 August 2008
Banyak orang pandai di lingkungan kita yang menyatakan diri teramat mampu dengan beragam kemampuan akan ilmu dan dengan segudang teori dalam membentuk argumentasinya. Namun tak satupun yang mampu menunjukkan bahwa apa yang disampaikan, dan apa yang diperbuatnya akan mampu memberikan perubahan atau paling tidak bahwa semua yang terbentuk bukan dalam rangka mencari popularitas diri atau mewakili dirinya sendiri.
Sesungguhnya kita ada dalam tempurung
Tanpa bermaksud ingin menggurui, dan seperti apa makna yang terlintas sepulangnya saya dari mengikuti Program ESQ beberapa waktu lalu, bahwa segalanya tercipta olehNya dari hal sederhana, semuanya dipikirkan dengan Smart-Nya, dan segalanya diperuntukkan untuk Smile-Nya. Sungguh sayang, jika akhirnya kita hanya bersembunyi di dalam tempurung sementara kita mampu melompat dan bersuara lantang. Dan sungguh sayang jika kita hanya berselimut kepompong sementara kita mampu mengepakkan dan berbagi sayap indah dengan yang lain atau menebar sari kebahagiaan, sungguh sayang jika kita merasa aman dalam goa kesendirian yang gelap gulita, sementara keindahan dipagelarkan di luar sana oleh-Nya.

Upaya kita untuk membuka tempurung di atas kepala kita tentunya bukan hanya sekedar keluar dari kepompong, tetapi harus ada upaya untuk memilih keinginan yang bukan hanya sekedar menengok indahnya di luar sana. Perlu ada sebuah kesadaran yang tinggi dengan keyakinan yang kuat pula bahwa di luar sana Allah telah menyediakan segala yang terindah. Kita harus mau melangkah keluar, mendekati dan meraihnya. Dan satu hal lagi harus ada juga keinginan untuk dapat memaknai dan mempertanggungjawabkannya.

Bagaimana wahai Anda yang begitu merasa bijaksana? Apakah anda mampu memaknai sekaligus mempertanggung jawabkan setiap langkah, perbuatan dan keputusan Anda? Semoga Anda adalah termasuk manusia yang memiliki kemampuan akan ilmu, kaya argumentasi dan memiliki segudang teori yang benar-benar dipergunakan untuk mensejahterakan orang banyak, termasuk Engkau, kami, dan dan kita semuanya. (Irfan Arief)

Tidak ada komentar: